Urgensi Penilaian Pembelajaran PAI sebagai Peningkatan Mutu Pendidikan Nasional
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5665Abstract
Artikel ini bertujuan menjelaskan pentingnya penilaian pembelajaran dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan. Di Indonesia pendidikan sebagai hak yang diberikan negara kepada masyarakatnya dengan tujuan secara umum untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam menghadapi tuntutan zaman. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa salah satu cara untuk menjaga keberlangsungan pendidikan dengan baik ialah dengan adanya penilaian atau evaluasi pembelajaran. Dimana penilaian ini dimaksudkan untuk mengukur capaian pendidikan dari waktu ke waktu, serta hasilnya akan dijadikan sebagai informasi yang bermanfaat dalam memutuskan kebijakan pendidikan yang baru. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode kajian literatur yang mengambil sumber dari hasil penelitian yang sesuai dengan pembahasan artikel ini. Dengan demikian, penilaian sangat penting dalam kegiatan pendidikan dan pengajaran, sehingga terdapat dua jenis penilaian, yaitu penilaian formatif adalah penilaian yang dilakukan selama berjalannya proses pengajaran dan penilaian sumatif yaitu penilaian yang dilakukan pasca pembelajaran.Downloads
Published
2022-08-02
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Firman Mansir, Muh. Alamin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).