Analisis Hasil Belajar IPS melalui Pembelajaran dengan Model Snowball Throwing pada Materi Keunikan Daerah Tempat Tinggalku

Authors

  • Dila Zuhrotun Nisa Universitas PGRI Palembang
  • Eni Heldayani Universitas PGRI Palembang
  • Tanzimah Tanzimah Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5655

Abstract

Hasil belajar siswa merupakan suatu pencapain yang diperoleh siswa dari keberhasilan dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan dari peneltian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar IPS melalui pembelajaran dengan model snowball throwing pada materi Keunikan Daerah Tempat Tinggalku kelas IV di SD Negeri 10 Muntok. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Adapun metode penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing yang telah dianalisis tergolong baik. Dilihat dari hasil populasi yang berjumlah 24 orang siswa terdapat 20,85% atau 5 orang siswa dikategorikan berkemampuan rendah, terdapat 7 orang siswa yang dikategorikan berkemampuan sedang atau senilai 29,16%, terdapat 9 orang siswa yang dikategorikan tinggi atau senilai 37,5%, kemudian terdapat 3 orang siswa yang dikategorikan berkemampuan sangat tinggi atau 12,5%. Rata-rata hasil belajar siswa yang didapat adalah 62,67 yang dikategorikan tinggi.

Downloads

Published

2022-07-25