Analisis Keterampilan Bertanya Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Rina Hafizo Universitas PGRI Palembang
  • Bukman Lian Universitas PGRI Palembang
  • Jayanti Jayanti Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5644

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan keterampilan bertanya serta hambatan bertanya siswa pada pembelajaran Matematika Kelas IV.B Sekolah Dasar di SD Negeri 41 Plus Banyuasin III. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan bertanya siswa kelas IV.B tergolong rendah. Hambatan yang dialami siswa dalam keterampilan bertanya meliputi seperti ada yang pemalu dan pendiam, takut salah, bingung dan tidak tahu mau bertanya apa, siswa belum mampu menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar, volume suara saat mengajukan pertanyaan ada yang suaranya lembut sehingga tidak dapat menjangkau seluruh isi ruang kelas sampai harus mengulangi beberapa kali saat bertanya.

Downloads

Published

2022-08-05