Analisis Muatan Nilai-nilai Karakter dalam Buku Siswa Tema 9 Kayanya Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Erri Handayani Universitas PGRI Palembang
  • Bukman Lian Universitas PGRI Palembang
  • Jayanti Jayanti Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5641

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan muatan nilai-nilai utama penguatan pendidikan karakter yaitu karakter religius, nasionalisme, mandiri, gotong royong, dan integritas yang ada dalam buku siswa tema 9 kayanya negeriku kelas IV pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah muatan nilai-nilai karakter dalam buku siswa tema 9 kayanya negeriku kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. informan penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV.A SDN 41 Plus Banyuasin III. Dengan siswa berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat mayoritas siswa kelas IV.A SDN 41 Plus Banyuasin III masuk kedalam kategori karakter religius, nasionalisme, mandiri, gotong-royong, dan integritas dalam buku siswa tema 9 kayanya negeriku kelas IV pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan.

Downloads

Published

2022-08-06