Efektivitas Penggunaan Media Permainan Tradisional Congklak terhadap Kemampuan Berhitung Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas 1 SD Negeri 87 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.5546Abstract
Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Penggunaan Media Permainan Tradisional Congklak Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas 1 SD Negeri 87 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media pemainan tradisional congklak efektif terhadap kemampuan berhitung siswa pada pembelajaran matematika kelas 1 SD Negeri 87 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif Eksperimen yaitu True Eksperimental design dengan desain pretest posttest control group design, subjek penelitian ini yaitu Siswa kelas 1 SD Negeri 87 Palembang, sampelnya adalah kelas 1a sebagai kelas eksperimen, dan kelas 1b sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan pada perhitungan uji-t di peroleh nilai t_hitung=4,8 jika di bandingkan dengan t_tabel 54 adalah 1,673 berarti t_hitung> t_tabel maka tolak Ho dan Ha di terima. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media permainan tradisional congklak efektif terhadap kemampuan berhitung siswa pada pembelajaran matematika kelas 1 SD Negeri 87 Palembang.Downloads
Published
2022-10-15
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dwina Sari, Bambang Hermansah, Susanti Faipri Selegi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).