Efektivitas Penggunaan Media Permainan Tradisional Congklak terhadap Kemampuan Berhitung Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas 1 SD Negeri 87 Palembang

Authors

  • Dwina Sari Universitas PGRI Palembang
  • Bambang Hermansah Universitas PGRI Palembang
  • Susanti Faipri Selegi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.5546

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Penggunaan Media Permainan Tradisional Congklak Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas 1 SD Negeri 87 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media pemainan tradisional congklak efektif terhadap kemampuan berhitung siswa pada pembelajaran matematika kelas 1 SD Negeri 87 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif Eksperimen yaitu True Eksperimental design dengan desain pretest posttest control group design, subjek penelitian ini yaitu Siswa kelas 1 SD Negeri 87 Palembang, sampelnya adalah kelas 1a sebagai kelas eksperimen, dan kelas 1b sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan pada perhitungan uji-t di peroleh nilai t_hitung=4,8 jika di bandingkan dengan t_tabel 54 adalah 1,673 berarti t_hitung> t_tabel maka tolak Ho dan Ha di terima. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media permainan tradisional congklak efektif terhadap kemampuan berhitung siswa pada pembelajaran matematika kelas 1 SD Negeri 87 Palembang.

Downloads

Published

2022-10-15