Strategi Guru Pai dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter di Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5519Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pendidikan karakter, Bentuk strategi guru PAI dalam mengembangkan pendidikan karakter di Madrasah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif, dimana pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian mengungkapkan temuan gambaran dan bentuk pendidikan karakter di MAN 1 Kota Padang Panjang adalah bagus. Budayanya religius seperti solat wajib, solat dhuha dilaksanakan setiap hari selama berada di lingkungan sekolah. Mereka wajib solat dhuha ketika istirahat secara bergantian, solat dhuhur berjamaa’ah, kegiatan Jum’at amal, bakti sosial, idul korban, pembagian zakat, peringatan hari besar seperti maulid Nabi dan isra’ mi’raj. Pendekatan guru PAI dalam membentuk karakter religius siswa yaitu memberikan contoh yang baik, membimbing dan memotivasi siswa. Bentuk evaluasi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa adalah dengan menggunakan kehadiran, jadi guru akan mengetahui siapa saja yang mengikuti kegiatan keagamaan. Strategi yang dilakukan guru PAI dalam mengembangkan pendidikan karakter yaitu: memberi contoh tauladan, Strategi pembiasaan dan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler.Downloads
Published
2022-07-20
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).