Analisis Buku Dongeng Tradisional Jawa Berbasis Nilai-nilai Karakter pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.5285Abstract
Pendidikan karakter merupakan upaya untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada peserta didik yang dilakukan dari pembiasaan di sekolah SDN Merjosari 1 dengan mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran menggunakan buku dongeng yang berasal dari Pulau Jawa. Tujuan dari penelitian ini menemukan buku dongeng yang cerita Pulau Jawa yang memuat nilai karakter, menemukan nilai-nilai karakter dalam dongeng tradisional Jawa, mendeskripsikan nilai-nilai Pendidikan karakter pada buku dongeng tradisional Pulau Jawa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang disususn dengan menganalisis data melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini dimulai dari reduksi data, display data, verifikasi pengesahan dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan buku dongeng tradisional digunakan sebagai media untuk mengajarkan pendidikan karakter dengan cara menganalisis nilai pendidikan karakter pada buku dongeng, siswa menemukan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam dongeng tradisional Jawa serta dapat mendiskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter pada buku dongeng tradisional Jawa.Downloads
Published
2022-06-30
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).