Strategi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Aldiansyah Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Anju Mayang Chairunnisa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Syaifullah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nova Purnama Sari Br. Sitepu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nur Atika Shofia Herman Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.5269

Abstract

Strategi merupakan acuan terpenting yang dipegang para guru untuk menggapa sesuatu yang diharapkan dalam sebuah proses pendidikan formal ataupun nonformal. Setiap orang yang beragama Islam, harus bisa membaca Al-Qur’an secara baik dan benar sesuai kaidah tajwid. Al-Qur’an merupakan sebuah kitab yang dianjurkan untuk selalu dibaca. Membacanya akan dinilai oleh Allah SWT sebagai suatu ibadah. Pahala yang diberikan dihitung mempelajari Al-Qur’an itu sebenarnya bukan hal yang terlalu sulit asal ada kemauan dan usaha mempelajarinya. Allah sudah menjamin kemudahannya bagi umat yang mau mempelajari Al-Qur’an adalah mampu dalam membaca dan menulis Al-Qur’an, jadi peningkatannya tentu mnejadi tuntutan dan kebutuhan utama. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana aktualisasi strategi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an guna meningkatkan pemahaman tentang Al-Qur’an. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik studi pustaka. Dengan tujuan untuk mencapai tujuan pendidikan Islam sebagai manusia yang memiliki iman dan takwa serta akhlak mulia dan membentuk cinta Al-Qur’an.

Downloads

Published

2022-06-30