The Effect of Using Herringbone Technique (HT) and Numbered Head Together Technique (NHTT) for Students’ Reading Comprehensions Skill at SMA Negeri 1 Sumbul

Authors

  • Erika Sinambela Universitas HKBP Nommensen
  • Carolina Carolina Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.5136

Abstract

Penelitian ini menyajikan laporan penelitian tentang penggunaan penerapan Teknik Herringbone dan Teknik Numbered Head Together untuk keterampilan membaca siswa di SMA Negeri 1 Sumbul. Mereka diajarkan dengan menggunakan Teknik Herringbone dan Teknik Numbered Head Together dalam membaca teks recount, sedangkan kelompok ketiga (Kelompok Kontrol) diajarkan tanpa menggunakan Teknik Herringbone dan Teknik Numbered Head Together. Teknik analisis data adalah penelitian kuantitatif. Dalam menganalisis data rata-rata nilai pre-test siswa pada kelompok eksperimen satu (Teknik Herringbone) adalah 59,16 rata-rata nilai siswa untuk post-test pada kelompok eksperimen dua adalah 91,83. Rerata nilai pre-test siswa pada kelompok eksperimen dua (Teknik Numbered Head Together) adalah 45 rerata nilai siswa untuk post-test pada kelompok eksperimen dua adalah 69,16. Rerata pre-test pada kelompok kontrol adalah 46,66 dan rata-rata untuk post-test pada kelompok kontrol dua adalah 56,16. Kesimpulannya adalah bahwa penggunaan HT adalah yang paling efektif dalam mengajar teks recount daripada NHTT disarankan agar guru menerapkan teknik ini sebagai salah satu teknik untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca teks recount.

Downloads

Published

2022-06-30