KEPRIBADIAN SEORANG PENDIDIK TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.513Abstract
Pendidik dalam dunia pendidikan merupakan seseorang yang sangat penting dalam dunia pendidikan, menjadi seorang guru memiliki tugas yang tidak ringan dalam mendidik siswa, maka dari itu seorang guru harus mempunyai kepribadian yang baik dalam mengajar maupun bergaul dengan siswa agar bisa menarik perhatian siswa dalam belajar sehingga akan tumbuh minatnya dalam mengikuti proses belajar terutama dalam belajar matematika, karena jika seorang siswa tidak terlebih dahulu menyukai gurunya, pelajaran akan sulit diterima, oleh sebab itu dibutuhkan sosok pendidik atau guru yang memiliki kepribadian yang bisa menarik minat siswa untuk belajar terutama dalam belajar matematika.References
Ahadi, Muh. 2017. Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru Untuk Menyiapkan Pembelajaran yang Bermutu. Prosiding Seminar Nasional.
Anwar, Muhammad. 2018. Menjadi Guru Profesional. Jakarta : Prenadamedia Group.
Hadjam, Rochman Noor & Widhiarso, Wahyu. 2011. Efikasi Mengajar Sebagai Mediator Peranan Faktor Kepribadian Terhadap Performasi Mengajar Guru. Humanitas. 1 (8), 2-3.
Hakim, Maulana Lucky. 2012. The Great Theacher : Membedah Aspek-Aspek Kepribadian Guru Ideal dan Membentuk Perilaku Siswa dalam Novel “Pertemuan Dua Hati†Karya NH. Dini. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 1 (2), 2-3.
Hamid, Nur Irsyad. 2018. Kepribadian Guru Bimbingan Konseling yang Ideal Bagi Siswa SMA Se Kecamatan Gombang. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Konseling, 1 (4), 87-90.
Indrawati, Yuliani. 2006. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Matematika dalam Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) pada Sekolah Menengah Atas Kota Palembang. Jurnal Manajemen & Bisnis Sriwijaya.7 (4), 43.
Napitupulu, Dedi Syaputra. 2016. Kompetensi Kepribadian Guru PAI dalam Mengembangkan Ranah Afektif Siswa di MAN 2 Model Medan. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 2 (5), hlm.
Oktavia, A. Shilphy. 2019. Sikap dan Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta : CV Budi Utama.
Oktradiksa, Ahwy. 2012. Pengembangan Kualitas Kepribadian Guru. Jurnal Pendidikan Islam, 2 (6), 6-7.
Rini, Sapto Dewi dkk. 2016. Kompetensi Kepribadian Guru BK (Survei pada Guru Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama dan Sederajat Se-Kecamatan Citeureup). Jurnal Bimbingan Konseling. 1 (5), 27.
Saragih, Hasan A. 2008. Kompetensi Minimal Seorang Guru dalam Mengajar. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 1(5), 27-28.
Sari, Wulan Suci. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran dan Tipe Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa SMP Swasta di Kecamatan Medan Area.Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 1 (9), 38-39.
Tandikombong, Martius & Sendana, Aris Kaban. 2019. Analisis Kepribadian Guru Bahasa Inggris Terhadapa Motivasi Siswa SMK. SPP. St. Paulus Makale dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurna KIP. 2 (8), 2–3.
Winarso, Widodo. 2015. Perbedaan Tipe KepribadianTerhadap Sikap Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Islam Al-Azhar 5 Cirebon. Jurnal Sainsmat, 1 (4), 67-69