The Correlation Between Watching Movie With and Without Subtitles on Students’ Listening Comprehension

Authors

  • Mega Sari Saragih Universitas Simalungun
  • Marhaini Matondang Universitas Simalungun Pematangsiantar
  • Ridwin Purba Universitas Simalungun Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.5123

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis hubungan antara menonton film dengan dan tanpa subtitle terhadap pemahaman mendengarkan siswa pada siswa kelas VIII SMP N 2 Pematang Raya. Berkaitan dengan masalah: Apa hubungan antara menonton film dengan subtitle dan tanpa subtitle terhadap pemahaman mendengarkan siswa? Mana yang lebih efektif antara menonton film dengan subtitle atau tanpa subtitle pada pemahaman mendengarkan siswa? Untuk menjawab penelitian tersebut digunakan beberapa teori yaitu Arikunto (2010), Creswell (2012), Nunan (2003), dan Sugiyono (2013). Penelitian ini dirancang dengan metode penelitian kuantitatif dengan mengikuti pre-experimental design one group pre-test and post-test group design. Sampel dipilih secara acak dengan asumsi bahwa setiap kelas memiliki tingkat kemampuan yang sama. Melibatkan 29 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan film baik dan tanpa subtitle telah meningkatkan motivasi, skor dan respon siswa yang baik. Peningkatan prestasi belajar siswa dibuktikan dari hasil pre-test dan post-test. Nilai rata-rata pada pre-test adalah 54 sedangkan nilai rata-rata pada post-test adalah 82 dan standar deviasi adalah 6,74. Jadi, dari skor rata-rata dan hasil standar deviasi menunjukkan bahwa pemahaman mendengarkan siswa meningkat dengan menonton film dengan subtitle di kelas delapan SMP N 2 Pematang Raya.

Downloads

Published

2022-06-30