The Correlation Between Watching Movie With and Without Subtitles on Students’ Listening Comprehension
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.5123Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis hubungan antara menonton film dengan dan tanpa subtitle terhadap pemahaman mendengarkan siswa pada siswa kelas VIII SMP N 2 Pematang Raya. Berkaitan dengan masalah: Apa hubungan antara menonton film dengan subtitle dan tanpa subtitle terhadap pemahaman mendengarkan siswa? Mana yang lebih efektif antara menonton film dengan subtitle atau tanpa subtitle pada pemahaman mendengarkan siswa? Untuk menjawab penelitian tersebut digunakan beberapa teori yaitu Arikunto (2010), Creswell (2012), Nunan (2003), dan Sugiyono (2013). Penelitian ini dirancang dengan metode penelitian kuantitatif dengan mengikuti pre-experimental design one group pre-test and post-test group design. Sampel dipilih secara acak dengan asumsi bahwa setiap kelas memiliki tingkat kemampuan yang sama. Melibatkan 29 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan film baik dan tanpa subtitle telah meningkatkan motivasi, skor dan respon siswa yang baik. Peningkatan prestasi belajar siswa dibuktikan dari hasil pre-test dan post-test. Nilai rata-rata pada pre-test adalah 54 sedangkan nilai rata-rata pada post-test adalah 82 dan standar deviasi adalah 6,74. Jadi, dari skor rata-rata dan hasil standar deviasi menunjukkan bahwa pemahaman mendengarkan siswa meningkat dengan menonton film dengan subtitle di kelas delapan SMP N 2 Pematang Raya.Downloads
Published
2022-06-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mega Sari Saragih, Marhaini Matondang, Ridwin Purba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).