Tantangan Guru PAI dalam Menghadapi Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.5091Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan tantangan guru Pendidikan Agama Islam dalam menghadapi era digital. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka. Teknik pengumpulan data peneliti akan mengeksplorasi data sesuai dengan pembahasan mengenai tantangan guru pendidikan agama Islam dalam menghadapi era digital. Analisis data dalam kajian pustaka (library research) ini adalah analisis isi (content analysis) yaitu penelitian yang bersifat pembahasan mendalam terhadap isi suatu informasi tertulis atau tercetak dalam media massa. Hasil penelitian mengungkapkan temuan bahwa guru Pendidikan Agama Islam harus memiliki 3 (tiga) kemampuan yaitu: 1) kemampuan dalam memecahkan suatu masalah, 2) kemampuan untuk bisa berfikir secara kritis, dan 3) kemampuan untuk berkreativitas dalam menghadapi tantangan yang ditimbulkan dari munculnya era digital. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa tugas guru pendidikan agama Islam harus mampu menghadapi tantangan-tantangan di era digital.Downloads
Published
2022-06-30
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).