Studi Komparatif Hasil Belajar BTQ antara Siswa yang Mengikuti TPQ dan Siswa yang Tidak Mengikuti TPQ di Kelas V SD Islamiyah Sekayu
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.5073Abstract
Penelitian ini membahas mengenai perbandingan hasil belajar Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) antara siswa yang mengikuti Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) dan siswa yang tidak mengikuti TPQ di kelas V SD Islamiyah Sekayu. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kuantitatif, metode komparatif dan teknik analisis komparatif bivariat. Rumus statistik yang digunakan adalah Tes “t” (“t” Test). Data didapatkan melalui tes dan wawancara kepada guru BTQ dan siswa sebagai sumber data primer. Sedangkan catatan, laporan dan buku-buku yang relevan merupakan sumber data sekunder. Hasil penelitian ini terdapat perbedaan yang signifikan (meyakinkan) mengenai hasil belajar siswa yang mengikuti Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) dan hasil belajar siswa yang tidak mengikuti Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) pada mata pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ).Downloads
Published
2022-06-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nurviana Nurviana, Yuni Sari A, Saipul Annur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).