Efektivitas Penggunaan Jari Tangan dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-kanak Bhayangkari 1 Padang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.504Keywords:
Penggunaan Jari Tangan, kemampuan motorik halusAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan jari tangan dalam mengembangkan motorik halus anak di TK Bhayangkari 1 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis eksperimen atau penelitian quasi experiment (eksperimen semu) dengan menggunakan jari tangan. Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata nilai yang diperoleh dari kelas eksperimen yang menggunakan jari tangan lebih tinggi (83,33) dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional (73,77). Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan motorik halus anak. Dengan demikian disimpulkan bahwa dengan menggunakan jari tangan sangat efektif dalam mengembangkan motorik halus anak di TK Bhayangkari 1 Padang.References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya
Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Hidayati, Zulaehah. 2010. Anak Saya Tidak Nakal, Kok. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.
Latif, Muchtar.,dkk. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Mulyani, Yani dan Juliska Gacinia. 2007. Kemampuan Fisik, Seni, dan Manajemen Diri. Jakarta: Gramedia
Sudono. 2006. Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: PT Gramedia.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syafril. 2010. Statistika. Padang: Sukabina Press.
Tim Redaksi KBBI. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Gramedia
Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika