Penggunaan Model Problem Based Learning sebagai Upaya Peningkatan Creative Thinking pada Mata Kuliah Seminar Isu Terkini PAUD Berorientasi Kompetensi 4C Abad 21
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4936Abstract
Rendahnya kemampuan creative thinking mahasiswa di kelas membuat proses pembelajaran menjadi kurang optimal, maka dari itu perlu peningkatan creative thinking pada mahasiswa dengan menggunakan Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning sebagai upaya peningkatan creative thinking pada mata kuliah Seminar Isu Terkini PAUD Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP Universitas Bengkulu. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan sampel 36 orang mahasiswa. Hasil dari penelitian menunjukkan creative thinking awal mahasiswa berada pada persentase 22,3% untuk kategori sangat baik dan baik, dan setelah dilakukan treatment dengan Problem Based Learning terjadi peningkatan pada siklus 1 menjadi 30,5% untuk kategori sangat baik dan baik dan terus meningkat menjadi 52,8 % untuk kategori sangat baik dan baik pada siklus II. Beradasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Problem Based Learning dapat meningkatkan creative thinking mahasiswa.Downloads
Published
2022-06-25
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).