Literasi Sains dan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran IPA Abad 21
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4922Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan mengenai literasi sains dan pendidikan karakter pada pembelajaran IPA abad 21 dan untuk mengkaji, mengambarkan mengenai kesesuaian literasi sains dan pendidikan karaktek terhadap pelajaran IPA abad 21. Literasi sains merupakan kemampuan untuk memahami sains, mengkomunikasikan sains, serta menerapkan kemampuan sains untuk memecahkan masalah, pada proses pembelajaran literasi sains mudah dikaitkan dengan mata pelajaran IPA. Literasi sains dan pendidikan karakter membantu siswa dalam mengembangkan potensi dan nilai-nilai karakter dalam diri untuk daya saing pada abad 21. Pada penelitian ini, menggunakan metode literature review, yaitu dengan proses meletakkan, mendapatkan, membaca, serta mengevaluasi berbagai literature penelitian terkait atau berhubungan dengan persoalan yang akan diteliti. Data yang dideskripsikan yaitu hasil penelitian mengenai literasi sains dan pendidikan karakter pada abad 21, yang telah dilakukan oleh peneliti-peneliti sebelumnya. Hasil kajian literatur didapatkan bahwa literasi sains dan pendidikan karakter dapat diintegrasikan dalam pembelajaran IPA abad 21.Downloads
Published
2022-06-25
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).