Literasi Sains dan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran IPA Abad 21

Authors

  • Dinda Widyastika Universitas Battuta
  • Rudi Hermansyah Sitorus Universitas Battuta
  • Syibrina Jihan Lubis Universitas Battuta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4922

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan mengenai literasi sains dan pendidikan karakter pada pembelajaran IPA abad 21 dan untuk mengkaji, mengambarkan mengenai kesesuaian literasi sains dan pendidikan karaktek terhadap pelajaran IPA abad 21. Literasi sains merupakan kemampuan untuk memahami sains, mengkomunikasikan sains, serta menerapkan kemampuan sains untuk memecahkan masalah, pada proses pembelajaran literasi sains mudah dikaitkan dengan mata pelajaran IPA. Literasi sains dan pendidikan karakter membantu siswa dalam mengembangkan potensi dan nilai-nilai karakter dalam diri untuk daya saing pada abad 21. Pada penelitian ini, menggunakan metode literature review, yaitu dengan proses meletakkan, mendapatkan, membaca, serta mengevaluasi berbagai literature penelitian terkait atau berhubungan dengan persoalan yang akan diteliti. Data yang dideskripsikan yaitu hasil penelitian mengenai literasi sains dan pendidikan karakter pada abad 21, yang telah dilakukan oleh peneliti-peneliti sebelumnya. Hasil kajian literatur didapatkan bahwa literasi sains dan pendidikan karakter dapat diintegrasikan dalam pembelajaran IPA abad 21.

Downloads

Published

2022-06-25