Implementasi Nilai Pancasila pada Karakter Siswa SD melalui Model Problem Based Learning

Authors

  • Aldiansyah Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Amiruddin Amiruddin Universitas Al-Muslim Bireuen Aceh
  • Nova Purnama Sari Br. Sitepu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nur Atika Shofia Herman Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rosmawani Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Siti Halimah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4912

Abstract

Model Problem Based Lerarning merupakan pembelajaran yang mengarahkan siswa kepada dunia (real), untuk memulai pembelajaran yang inovatif sehingga memberian suasana pembelajaran yang aktif kepada siswa. Tujuan dari Problem Based Learning ialah untuk mengembangkan hasil pembelajaran PKN seperti kemampuan menyelesaikan masalah yang terjadi sehingga secara tidak langsung peserta didik mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning dapat mengembangkan kinerja belajar siswa dalam pembelajaran PKN pada siswa/i di kelas IV SD Negeri 101764 Tembung. Model pembelajaran ini juga dapat mengembangan sikap aktif dan mandiri dalam diri siswa. Pengamatan ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana karakter siswa khususnya pada anak dalam model Problem Based Learning. Oleh karena itu, nilai-nilai pancasila sangat penting diterapkan pada pembelajaran PKN untuk anak SD. Dengan memusatkan perhatian siswa pada pancasila, penulis berharap nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila dapat diterapkan dengan baik dan ini menjadi awal yang baik untuk bangsa kita.

Downloads

Published

2022-06-24