Implementasi Nilai Pancasila pada Karakter Siswa SD melalui Model Problem Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4912Abstract
Model Problem Based Lerarning merupakan pembelajaran yang mengarahkan siswa kepada dunia (real), untuk memulai pembelajaran yang inovatif sehingga memberian suasana pembelajaran yang aktif kepada siswa. Tujuan dari Problem Based Learning ialah untuk mengembangkan hasil pembelajaran PKN seperti kemampuan menyelesaikan masalah yang terjadi sehingga secara tidak langsung peserta didik mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning dapat mengembangkan kinerja belajar siswa dalam pembelajaran PKN pada siswa/i di kelas IV SD Negeri 101764 Tembung. Model pembelajaran ini juga dapat mengembangan sikap aktif dan mandiri dalam diri siswa. Pengamatan ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana karakter siswa khususnya pada anak dalam model Problem Based Learning. Oleh karena itu, nilai-nilai pancasila sangat penting diterapkan pada pembelajaran PKN untuk anak SD. Dengan memusatkan perhatian siswa pada pancasila, penulis berharap nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila dapat diterapkan dengan baik dan ini menjadi awal yang baik untuk bangsa kita.Downloads
Published
2022-06-24
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).