Pengaruh Model Word Square terhadap Aktivitas Belajar IPA Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar

Authors

  • Nurul Burhan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Muhammad Misbahul Munir Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Aan Widiyono Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara http://orcid.org/0000-0002-2852-5795

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4826

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena aktivitas belajar siswa belum optimal sehingga siswa terlihat kurang antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Selain itu, alokasi waktu yang dibutuhkan guru masih kurang sehingga mengakibatkan transfer pengetahuan kepada siswa tidak optimal. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran word square terhadap aktivitas belajar IPA kelas IV SDN 1 Petekeyan Jepara. Populasi penelitian sejumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan analisis data menggunakan Uji T. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretest aktivitas belajar diperoleh nilai rerata 43,66 dan hasil posttest diperoleh nilai sejumlah 83,00. Kenaikan hasil belajar pretest dengan posttest sejumah 39,34. Perbedaan ini diperkuat dengan uji-t diperoleh nilai signifikan (2-tailed)< 0,05 atau 0,000<0,005 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran word square terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA.

Downloads

Published

2022-06-25