Pengaruh Model Word Square terhadap Aktivitas Belajar IPA Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4826Abstract
Penelitian ini dilakukan karena aktivitas belajar siswa belum optimal sehingga siswa terlihat kurang antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Selain itu, alokasi waktu yang dibutuhkan guru masih kurang sehingga mengakibatkan transfer pengetahuan kepada siswa tidak optimal. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran word square terhadap aktivitas belajar IPA kelas IV SDN 1 Petekeyan Jepara. Populasi penelitian sejumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan analisis data menggunakan Uji T. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretest aktivitas belajar diperoleh nilai rerata 43,66 dan hasil posttest diperoleh nilai sejumlah 83,00. Kenaikan hasil belajar pretest dengan posttest sejumah 39,34. Perbedaan ini diperkuat dengan uji-t diperoleh nilai signifikan (2-tailed)< 0,05 atau 0,000<0,005 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran word square terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA.Downloads
Published
2022-06-25
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nurul Burhan, Muhammad Misbahul Munir, Aan Widiyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).