Problematika Penyelenggara Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar

Authors

  • Nia Uzlifatun Ni’mah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Adinda Nur Istirohmah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Hamidaturrohmah Hamidaturrohmah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Aan Widiyono Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4823

Abstract

Pendidikan inklusi di jenjang sekolah dasar sangat penting adanya guna mengoptimalkan perkembangan anak berkebutuhan khusus sesuai potensi yang dimilikinya. Namun, dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi pada jenjang sekolah dasar masih mengalami permasalahan yang berkaitan dengan aspek-aspek penyelenggaraan sekolah inklusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam problematika yang dihadapi sekolah dasar terkait dengan penyelenggaraan pendidikan inklusi. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan menelaah atau mengeksplorasi beberapa jurnal, buku, dokumen-dokumen, dan sumber data lain yang relevan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya problematika penyelenggaraan pendidikan inklusi yang meliputi aspek peserta didik, kurikulum, tenaga pendidik, kegiatan pembelajaran, manajemen sekolah, sarana pasarana, kerjasama antara sekolah, pemerintah dan orang tua, serta pandangan masyarakat. Permasalahan utama berkaitan dengan tenaga pendidik dimana guru kelas dan guru pendamping belum memiliki pemahaman yang baik terkait pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus. Permasalahan lainnya berkaitan dengan kurangnya support system dari berbagai pihak seperti orang tua dan masyarakat terhadap kebutuhan anak berkebutuhan khusus.

Downloads

Published

2022-06-25