Problematika Penyelenggara Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4823Abstract
Pendidikan inklusi di jenjang sekolah dasar sangat penting adanya guna mengoptimalkan perkembangan anak berkebutuhan khusus sesuai potensi yang dimilikinya. Namun, dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi pada jenjang sekolah dasar masih mengalami permasalahan yang berkaitan dengan aspek-aspek penyelenggaraan sekolah inklusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam problematika yang dihadapi sekolah dasar terkait dengan penyelenggaraan pendidikan inklusi. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan menelaah atau mengeksplorasi beberapa jurnal, buku, dokumen-dokumen, dan sumber data lain yang relevan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya problematika penyelenggaraan pendidikan inklusi yang meliputi aspek peserta didik, kurikulum, tenaga pendidik, kegiatan pembelajaran, manajemen sekolah, sarana pasarana, kerjasama antara sekolah, pemerintah dan orang tua, serta pandangan masyarakat. Permasalahan utama berkaitan dengan tenaga pendidik dimana guru kelas dan guru pendamping belum memiliki pemahaman yang baik terkait pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus. Permasalahan lainnya berkaitan dengan kurangnya support system dari berbagai pihak seperti orang tua dan masyarakat terhadap kebutuhan anak berkebutuhan khusus.Downloads
Published
2022-06-25
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nia Uzlifatun Ni’mah, Adinda Nur Istirohmah, Hamidaturrohmah Hamidaturrohmah, Aan Widiyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).