Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi terhadap Kinerja Guru pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4822Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja guru pada masa pandemi Covid-19 di SD Unggulan Terpadu Bumi Kartini Jepara. Menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini yaitu proses pelaksanaan monev dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut. Perencanaan monev secara daring dengan menyiapkan media monitoring dari aplikasi WhatsApp, Google form dan Zoom Meeting. Kemudian menyiapkan kriteria penilaian terhadap kinerja guru. Pelaksanaan monitoring dilakukan dengan dua cara yaitu secara daring dan secara luring. Jika secara daring kepala sekolah melakukan pemantauan melalui aplikasi yang telah disiapkan. Sedangkan pemantauan secara luring dilakukan dengan dua cara yaitu pemantauan secara langsung dari kepala sekolah dan pemantauan secara tidak langsung dari koordinator guru. Evaluasi dan tindak lanjut dilaksanakan dengan cara mengevaluasi ditengah program yang sedang berjalan untuk meminimalisir kegagalan diakhir program.Downloads
Published
2022-06-25
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Desi Nurmalasari, Muhammad Misbahul Munir, Aan Widiyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).