Analisis Strategi Guru dalam Mengajar Siswa Slow learner di Kelas II Sekolah Inklusi SDN Kembang 01 Dukuhseti Pati
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4821Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengajar siswa slow learner di kelas II sekolah inklusi SDN Kembang 01 Dukuhseti Pati. Penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumetasi. Analisis data menggunakan Model Milles and Huberman. Hasil penelitian menujukan bahwa strategi guru untuk menangani siswa slow learner melalui pengelolaan kelas yang nyaman dengan pengaturan tempat duduk siswa, pemberian motivasi di awal pelajaran, melalui ceramah dan tanya jawab yang interaktif dengan sebuah permainan, melakukan pendekan personal, memodifikasi materi pelajaran, membuat media sederhana, memoodifikasi teknik penilaian dari proses mengerjakan, waktu mengerjakan dan menurunkan KKM serta memberikan jam tambahan ketika pulang sekolah. Faktor yang medukung pembelajaran adalah melalui kerjasama dengan komponen sekolah sedangkan faktor penghambat adalah tidak adanya guru pendamping khusus serta kurangnya bantuan media pembelajaran dari pemerintah atau dinas pendidikan.Downloads
Published
2022-06-25
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Khoirul Amri, Noor Laila indah Sari, Hamidaturrohmah Hamidaturrohmah, Aan Widiyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).