Penerapan Permainan Hole Ball pada Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4810Abstract
Permainan dalam kegiatan olahraga sangat menunjang berkembangnya kemampaun motorik kasar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas permainan Hole Ball untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar siswa. Penelitian ini menggunakan pre-eksperimen dengan rancangan penelitian one grup, pre-test pos- test design. Subjek penelitian berjumlah 20 siswa SD kelas 5 di SD Negeri Girimoyo Malang. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu memberikan test kepada siswa sebelum kegiatan pembelajaran/treatment (pre-test) dan setelah pembelajaran/treatment (post-test). Hasil rata-rata nilai pre-test kemampuan motoric kasar siswa menunjukan 57,35 dan hasil nilai post-test kemampuan motoric aksar siswa menunjukan 80,25. Hasil pengujian Wilcoxon menunjukan Asymp. sig. (2-Tailed) bernilai 0.023 lebih dari <0,05 menunjukan adanya perbedaan hasil kemampuan motoric kasar pre-test dan nilai kemampuan motoric kasar siswa post-test. Dapat disimpulkan bahwa ada efektivitas permainan hole ball untuk meningkatkan kemampuan motoric kasar siswa SD. permanian hole ball yang diberikan melibatkan semua kegiatan motoric kasar seperti berlari, melompat, melempar dan menangkap sehingga aktivitas menjadi menyenangkan bagi anak.Downloads
Published
2022-06-28
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Setiya Yunus Saputra, Vivi Kurnia Herviani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).