Menanamkan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Bahasa Inggris Ramah Anak di Mojoroto Kota Kediri

Authors

  • Anis Yona Tyas Wilupi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Melani Wahyu Diana Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Diani Nurhajati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Erwin Putera Permana Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4736

Abstract

Berkurangnya nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia pada anak-anak menjadi masalah serius bagi semua komponen bangsa di Indonesia. Para guru dapat menanamkan nilai-nilai luhur melalui berbagai strategi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana nilai-nilai bangsa ditanamkan guru Bahasa Inggris untuk anak-anak sekolah dasar. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian kualitatif, khususnya studi kasus. Subyek penelitian ini adalah 6 mahasiswa yang berperan sebagai guru Bahasa Inggris di Program English Fun Day dan 30 siswa SD kelas 4, 5, dan 6. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung di lapangan dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara menanamkan nilai-nilai karakter dengan cara guru dapat memilih materi dan aktivitas pembelajaran yang sesuai dengan dunia anak dan tingkat kemampuannya. Nilai-nilai positif yang dapat ditanamkan adalah ramah pada orang lain, saling menyayangi, bersemangat belajar, dan santun. Pemilihan materi ramah anak yaitu dengan cara memilih topik yang dijumpai dalam aktivitas sehari-hari, sedangkan aktivitas pembelajaran yang menarik siswa.

Downloads

Published

2022-06-24