Comprehending Analytical Exposition Text Through Self-Regulated Learning Strategy in Senior High School

Authors

  • Fitria Afifatus Salamah State University of Surabaya
  • Esti Kurniasih State University of Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4691

Abstract

Strategi pembelajaran mandiri (Self-Regulated Learning Strategy) adalah salah satu kerangka yang dapat diterapkan untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana tahapan Self-Regulated Learning dalam memahami teks Eksposisi Analitis dan bagaimana pemahaman membaca siswa pada teks Eksposisi Analitis melalui penerapan strategi tersebut. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI di salah satu SMA Negeri di Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan observasi, rubrik tugas membaca siswa, dan juga kuisioner sebagai instrument sekunder. Penelitian ini menemukan bahwa pemahaman siswa pada teks Eksposisi Analitis sangat baik dengan menerapkan tahapan strategi Self-Regulated Learning-fase pemikiran, fase kinerja, dan fase refleksi. Ini membantu siswa dalam memahami teks melalui persiapan, kinerja, dan evaluasi.

Downloads

Published

2022-06-20