Pengembangan LKPD Beorientasi Contextual Teaching and Learning pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 5 SDN Temenggungan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4612Abstract
Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik. Latar belakang dalam penelitian ini yaitu kebutuhan siswa SD Negeri Temenggungan terhadap produk pembelajaran LKPD yang sesuai dengan karakteristiknya. Pengembangan LKPD berbasis CTL dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik siswa. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pengembangan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) berbasis CTL Kecamatan Krejengan-Kraksaan pada siswa kelas 5 SD Negeri Temenggungan. Penelitian in berpedoman pada model ADDIE yang terlaksana melalui 5 tahapan antara lain: Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas SD Negeri Temenggungan yang berjumlah 8 siswa.Validasi bahan ajar mendapatkan presentase 88%, sedangkan validasi pembelajaran tematik mendapatkan presentase 88,6% dengan kategori sangat baik. Sedangkan presentase yang diperoleh dari hasil angket respon siswa sebesar 98%. Dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik dinilai layak dan menarik untuk dijadikan acuan dalam pelasanaan pembelajaran untuk mengembangakan motivasi dan minat belajar peserta didik.Downloads
Published
2022-06-11
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Shofia Hattarina, Aris Naeni Dwiyanti, Supean Chemo, Nyanta Abdus Sahar, Sri Haryanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).