Pengembangan LKPD Beorientasi Contextual Teaching and Learning pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 5 SDN Temenggungan

Authors

  • Shofia Hattarina Universitas Panca Marga Probolinggo
  • Aris Naeni Dwiyanti Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Supean Chemo College As-Sakofah Al-Islamiah Pombing
  • Nyanta Abdus Sahar Universitas Panca Marga Probolinggo
  • Sri Haryanti Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4612

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik. Latar belakang dalam penelitian ini yaitu kebutuhan siswa SD Negeri Temenggungan terhadap produk pembelajaran LKPD yang sesuai dengan karakteristiknya. Pengembangan LKPD berbasis CTL dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik siswa. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pengembangan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) berbasis CTL Kecamatan Krejengan-Kraksaan pada siswa kelas 5 SD Negeri Temenggungan. Penelitian in berpedoman pada model ADDIE yang terlaksana melalui 5 tahapan antara lain: Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas SD Negeri Temenggungan yang berjumlah 8 siswa.Validasi bahan ajar mendapatkan presentase 88%, sedangkan validasi pembelajaran tematik mendapatkan presentase 88,6% dengan kategori sangat baik. Sedangkan presentase yang diperoleh dari hasil angket respon siswa sebesar 98%. Dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik dinilai layak dan menarik untuk dijadikan acuan dalam pelasanaan pembelajaran untuk mengembangakan motivasi dan minat belajar peserta didik.

Downloads

Published

2022-06-11