Kajian Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah untuk Pengembangan Sekolah Dasar

Authors

  • Yusuf Hasan Baharudin Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Paramita Purbosari Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Wahyu Nuning Budiarti Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Wiwit Dwi Kartika Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Lulu Nur Inayah Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4601

Abstract

Artikel ini memiliki tujuan untuk menggambarkan implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam bidang pendidikan khususnya pendidikan dasar di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan mencari referensi dari berbagai sumber dengan melihat keterkaitan Manajemen Berbasis Sekolah di Sekolah Dasar mengkaji mengenai Manajamen Berbasis Sekolah, antara lain pengertian, kekurangan, kelebihan, komponen, tujuan, strategi pelaksanaan dan tahapan dalam Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) untuk melihat, keterkaitan dan implementasinya terhadap peningkatan kualiatas dan mutu suatu Sekolah Dasar. Karena mutu dan kualitas suatu sekolah sangat penting dalam pendidikan nasional. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) menunjukkan bahwa prinsip yang dipakai antara lain, pertama prinsip kemandirian, setiap sekolah memiliki visi, misi, dan tujuan masing-masing. Kedua prinsip desentralisasi, dimana sekolah mempunyai kewenangan dan otonomi secara penuh. Ketiga adanya prinsip fleksibilitas, di mana setiap sekolah diperbolehkan membuat keputusan atas sekolah itu sendiri baik dalam permasalahan internal maupun eksternal sesuai dengan kondisi sekolahnya, berlaku juga di Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2022-06-11