Analisis Fasilitas Belajar dan Iklim Kelas dengan Kepuasan Belajar Siswa SMK Negeri 2 Manado
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4429Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan fasilitas belajar dan kepuasan belajar kemudian hubungan iklim kelas dan kepuasan belajar serta hubungan antara fasilitas belajar, dan iklim kelas secara simultan dengan kepuasan belajar. Rancangan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian korelasional. Instrument yang digunakan berupa kuesioner. Analisis data yang digunakan menguji hipotesis dengan memakai metode statistik analisis regresi. Hasil penelitian menyatakan terdapat hubungan yang signifikan antara fasilitas belajar dan kepuasan belajar dengan konstribusi sebesar 21,80%. Begitupula hubungan yang signifikan antara iklim kelas dan kepuasan belajar dengan konstribusi sebesar 19,80% serta hubungan yang signifikan antara fasilitas belajar, dan iklim kelas secara simultan dengan kepuasan belajar berkonstribusi sebesar 26,40%. Dengan demikian bahwa peningkatan fasilitas belajar, dan iklim kelas berupa adanya tersedianya sumber belajar siswa, ruang dan tempat belajar yang memadai, ketersediaan media atau alat bantu belajar yang dipakai; dan perpustakaan,serta suasana pembelajaran di dalam kelas kondusif.Downloads
Published
2022-06-09
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Metsi Daud
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).