Analisis Fasilitas Belajar dan Iklim Kelas dengan Kepuasan Belajar Siswa SMK Negeri 2 Manado

Authors

  • Metsi Daud Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4429

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan fasilitas belajar dan kepuasan belajar kemudian hubungan iklim kelas dan kepuasan belajar serta hubungan antara fasilitas belajar, dan iklim kelas secara simultan dengan kepuasan belajar. Rancangan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian korelasional. Instrument yang digunakan berupa kuesioner. Analisis data yang digunakan menguji hipotesis dengan memakai metode statistik analisis regresi. Hasil penelitian menyatakan terdapat hubungan yang signifikan antara fasilitas belajar dan kepuasan belajar dengan konstribusi sebesar 21,80%. Begitupula hubungan yang signifikan antara iklim kelas dan kepuasan belajar dengan konstribusi sebesar 19,80% serta hubungan yang signifikan antara fasilitas belajar, dan iklim kelas secara simultan dengan kepuasan belajar berkonstribusi sebesar 26,40%. Dengan demikian bahwa peningkatan fasilitas belajar, dan iklim kelas berupa adanya tersedianya sumber belajar siswa, ruang dan tempat belajar yang memadai, ketersediaan media atau alat bantu belajar yang dipakai; dan perpustakaan,serta suasana pembelajaran di dalam kelas kondusif.

Downloads

Published

2022-06-09