Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4410Abstract
Metodologi pembelajaran adalah suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dalam proses pembelajaran, dan merupakan tingkat perencanaan dengan langkah-langkah penyampaian materi secara prosedural. Seorang guru wajib mengetahui metode pembelajaran dan mengaplikasikannya kepada peserta didiknya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research (studi pustaka). Teknik pengumpulan data diambil dari dokumentasi yang berupa buku, jurnal, ataupun naskah lainnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum memilih metode pembelajaran, seorang guru harus mengetahui karakteristik peserta didik masing-masing untuk mempermudah dalam memilih berbagai metode yang akan digunakan. Metodologi pembelajaran yang sering digunakan seperti; metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab, metode eksperimen, metode pemecahan masalah, dan metode demonstrasi. Metode pembelajaran pendidikan agama Islam merupakan metode yang sesuai dalam mencapai hasil-hasil pembelajaran pendidikan agama Islam. Pengaplikasian metode pembelajaran pendidikan agama Islam tersebut akan membentuk kepribadian peserta didik yang baik dan sesuai dengan ajaran Islam.Downloads
Published
2022-06-01
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ahmad Nahidl Silmy, Ardiyanti Ardiyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).