Teachers’ Perception on Teaching Listening in Senior High School

Authors

  • Sylvia Puspa Windrawati State University of Surabaya
  • Asrori Asrori State University of Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4406

Abstract

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan hampir diseluruh aspek kehidupan, seperti komunikasi sehari-hari, bisnis, dan pendidikan. Pemerintah Indonesia memiliki sistem pendidikan yang mewajibkan siswa untuk menguasai bahasa Inggris. Meskipun kemampuan mendengar yang merupakan salah satu kemampuan yang memerlukan pemahaman lebih, mendengarkan menjadi kemampuan yang kurang diperhatikan dan jarang diajarkan oleh guru. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari tahu tentang pendapat guru-guru bahasa Inggris terkait pengajaran mendengar di sekolah menengah atas, dan menyajikan pengalaman-pengalaman guru dalam mengajar kemampuan mendengar. Koresponden dari penelitian ini adalah 10 guru bahasa Inggris yang mengajar sekolah menengah yang ada di wilayah Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan kuesioner terbuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru bahasa Inggris di Kediri memiliki pendapat yang positif tentang pengajaran mendengar, hal ini dikarenakan kemampuan mendengar diujikan dan terdapat dalam kompetensi dasar. Walaupun demikian beberapa guru masih menemui kesulitan dalam menentukan materi pembelajaran yang sesuai.

Downloads

Published

2022-06-02