Teachers’ Perception on Teaching Listening in Senior High School
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4406Abstract
Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan hampir diseluruh aspek kehidupan, seperti komunikasi sehari-hari, bisnis, dan pendidikan. Pemerintah Indonesia memiliki sistem pendidikan yang mewajibkan siswa untuk menguasai bahasa Inggris. Meskipun kemampuan mendengar yang merupakan salah satu kemampuan yang memerlukan pemahaman lebih, mendengarkan menjadi kemampuan yang kurang diperhatikan dan jarang diajarkan oleh guru. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari tahu tentang pendapat guru-guru bahasa Inggris terkait pengajaran mendengar di sekolah menengah atas, dan menyajikan pengalaman-pengalaman guru dalam mengajar kemampuan mendengar. Koresponden dari penelitian ini adalah 10 guru bahasa Inggris yang mengajar sekolah menengah yang ada di wilayah Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan kuesioner terbuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru bahasa Inggris di Kediri memiliki pendapat yang positif tentang pengajaran mendengar, hal ini dikarenakan kemampuan mendengar diujikan dan terdapat dalam kompetensi dasar. Walaupun demikian beberapa guru masih menemui kesulitan dalam menentukan materi pembelajaran yang sesuai.Downloads
Published
2022-06-02
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sylvia Puspa Windrawati, Asrori Asrori
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).