Students’ Perceptions on Reading Digital Storybook “Let’s Read”: Efl Junior High School Context
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4405Abstract
Membaca merupakan salah satu keterampilan bahasa Inggris yang penting untuk menyerap informasi baru dan memperkuat ingatan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa setelah membaca buku cerita digital bahasa Inggris “Let's Read” selama pembelajaran online. Penelitian ini melibatkan 25 siswa kelas 9 SMP yang terdiri dari 12 laki-laki dan 13 perempuan. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan instrumen kuesioner terbuka dan wawancara semi terstruktur untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan persepsi positif bahwa “Let's Read” merupakan situs web yang menarik dan portabel. Persepsi siswa berdasarkan aspek sensasi dan perasaan menunjukkan bahwa “Let’s Read” mudah digunakan sehingga siswa merasa senang saat membaca. Berdasarkan aspek pengalaman, siswa merasa familiar karena ilustrasi cerita yang unik. “Let's Read” terbukti mempengaruhi motivasi siswa lebih giat membaca untuk mencapai impiannya. Kesulitan yang di hadapi siswa yaitu koneksi internet dan kosakata sulit. Untuk mengatasi masalah tersebut siswa mengunduh cerita dahulu dan menggunakan google translate.Downloads
Published
2022-06-09
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mas Ajeng Fahma Tahta, Ririn Pusparini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).