Students’ Perceptions on Reading Digital Storybook “Let’s Read”: Efl Junior High School Context

Authors

  • Mas Ajeng Fahma Tahta State University of Surabaya
  • Ririn Pusparini State University of Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4405

Abstract

Membaca merupakan salah satu keterampilan bahasa Inggris yang penting untuk menyerap informasi baru dan memperkuat ingatan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa setelah membaca buku cerita digital bahasa Inggris “Let's Read” selama pembelajaran online. Penelitian ini melibatkan 25 siswa kelas 9 SMP yang terdiri dari 12 laki-laki dan 13 perempuan. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan instrumen kuesioner terbuka dan wawancara semi terstruktur untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan persepsi positif bahwa “Let's Read” merupakan situs web yang menarik dan portabel. Persepsi siswa berdasarkan aspek sensasi dan perasaan menunjukkan bahwa “Let’s Read” mudah digunakan sehingga siswa merasa senang saat membaca. Berdasarkan aspek pengalaman, siswa merasa familiar karena ilustrasi cerita yang unik. “Let's Read” terbukti mempengaruhi motivasi siswa lebih giat membaca untuk mencapai impiannya. Kesulitan yang di hadapi siswa yaitu koneksi internet dan kosakata sulit. Untuk mengatasi masalah tersebut siswa mengunduh cerita dahulu dan menggunakan google translate.

Downloads

Published

2022-06-09