Efektivitas Pembelajaran Simulasi Proteus 8 Professional Berbantuan Virtual Laboratory untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Mahasiswa Praktek Instalasi Listrik

Authors

  • Ridwan Ridwan Universitas Negeri Manado
  • Mutiara Nurmanita Universitas Negeri Manado
  • Nontje Marie Sangi Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4379

Abstract

Sejak pemberlakuan anjuran pemerintah terutama pada Pusat Pendidikan (Kemendikbudristek) dimasa pandemi covid 19 tentunya peran perguruan tinggi perlu mensiasati proses kegiatan pembelajaran melalui Work Form Home (WFH). Bagi para dosen tentunya menjadi tantangan terbesar terutama dalam menginovasikan dan menjadikan pembelajaran efektif tepat sasaran melalui WFH. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas pembelajaran dengan simulasi proteus 8 professional berbantuan berbantuan virtual laboratory untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada pembelajaran praktek instalasi listrik. Metode penelitian yang digunakan eksperimen semu dengan rancangan pretest-postest control group. Populasi yang diambil semester genap mata kuliah praktek instalasi listrik. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan dokumentasi. Perolehan data diambil melalui analisis inferensial Mann Whitney U dan Gain Score. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. Dengan demikian disimpulkan pembelajaran simulasi proteus 8 professional berbantuan berbantuan virtual laboratory pada praktek instalasi listrik cukup efektif secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada pembelajaran.

Downloads

Published

2022-06-01