Minat Siswa SD BPPI Cokroaminoto Pare Kabupaten Kediri terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4318Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa SD BPPI Cokroaminoto Pare Kabupaten Kediri terhadap pembelajaran daring pada saat pandemi. Subjek yang digunakan adalah orang tua dari murid kelas 1,2,3 SD BPPI Cokroaminoto Pare sebanyak 122 orang. Penelitian ini menggunakan angket yang disebarkan melalui geogle form ke grup whatsapp wali murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 45,95% menyatakan siswa tidak berminat belajar daring, sedangkan 31,1% menyatakan siswa sedikit berminat, 21,3% menyatakan siswa mengalami peningkatan belajar dan 1,7% lainnya. Adapun kendala pembelajaran daring, 53,3% menyatakan siswa susah memahami materi, 29,5% menyatakan pembelajaran kurang menarik dan 17,2% menyatakan waktu belajar yang kurang efektif. Adapun kendala pembelajaran daring menurut orang tua siswa sebanyak 53,3% menyatakan susah memahamkan materi ke anak, 27,9 % menyatakan anak susah mendengarkan. 18,9% menyatakan anak terlalu sering bermain hp. Tindakan yang telah dilakukan oleh pihak sekolah 55,7% menyakan guru memberikan video pembelajaran, 23% menyatakan guru memberikan pembelajaran privat bagi siswa yang kurang paham, sedangkan 21,3% menyatakan lainya.Downloads
Published
2022-06-01
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 ervina damayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).