Meningkatkan Perkembangan Nilai Agama dan Moral pada Anak melalui Teknik Bercerita di TK Mayang Pekanbaru

Authors

  • Melvi Lesmana Alim Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i1.4293

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan perkembangan nilai agama dan moral di TK mayang Pekanbaru usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari penelitian yang dilakukan di dapat hasil penggunaan teknik bercerita dapat meningkatkan perkembangan Nilai Agama dan Moral Pada anak usia 5-6 tahundi TK Mayang Pekanbaru. Hal ini ditunjukkan pada pra tindakan dengan lembar observasi dari 37.5% meningkat pada siklus I menjadi 39.79%, meningkat pada siklus II menjadi 76.04%.Dari hasil penelitian tersebut membuktikan  bahwa  teknik bercerita memiliki  pengaruh  yang  besar terhadap perkembangan nilai agama dan moral anak, karena dengan menggunakan teknik tersebut perkembangan nilai agama dan moral anak mengalami peningkatan.

Downloads

Published

2021-09-30