Peningkatan Prilaku Prososial menggunakan Bimbingan Kelompok Bidang Sosial pada Siswa Kelas X Di SMA Negeri 2 Denpasar

Authors

  • Putu Agus Semara Putra Giri Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4273

Abstract

Maraknya peristiwa kekerasan yang terjadi di dunia pendidikan yang melibatkan siswi SMA sangat memprihatinkan bagi banyak pihak. Harapan peneliti adalah mampu merubah perilaku mereka dari perilaku sosial yang rendah ke perilaku sosial mereka meningkat. Adapun siswa yang diteliti adalah siswa kelas X.4 SMA Negeri 2 Denpasar dimana jumlah anak yang sebagai sasaran penelitian ada 40 orang, 5 diantaranya mengalami masalah perilaku prososialnya rendah. Setelah dilakukan tindakan, skor yang diperoleh siswa dibandingkan dengan skor maksimal ideal untuk menentukan kedudukan siswa dalam kategori perilaku prososial yang sudah ditentukan. Hasil penelitian yang didapatkan pada siklus I secara individual terjadi peningkatan dengan kriteria pencapainan cukup dan secara berkelompok mengalami peningkatan sebesar 32,2%. Pada tindakan siklus kedua secara individu mengalami peningkatan yang signifikan yaitu kriteria pencapainan tinggi dan secara berkelompok mengalami peningkatan sebesar 61,0%.

Author Biography

Putu Agus Semara Putra Giri, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Downloads

Published

2022-06-01