Indonesian EFL Students' Perception towards Online Learning during Covid 19 Pandemic

Authors

  • Finza Larasati Universitas Muhammadiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v2i2.4117

Abstract

Penelitian ini menyoroti gambaran bagaimana mahasiswa EFL memandang penggunaan platform pembelajaran daring selama pandemi covid-19. Metode survei digunakan peneliti untuk melakukan studi deskriptif kepada 88 responden (mahasiswa EFL Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP)). Kuesioner tertutup digunakan sebagai instrumen. Hasil penelitian menemukan bahwa Mahasiswa EFL UMP memiliki persepsi positif terhadap pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Mereka mengaku E-learning cocok digunakan dalam situasi masa Pandemi Covid 19. Lebih lanjut, mereka menjelaskan bahwa pembelajaran secara daring memudahkan mereka dalam mengerjakan tugas karena mereka mudah mengoperasikan platform/aplikasi. Meski demikian, mereka tidak mempermasalahkan gagasan untuk tetap menggunakan E-learning setelah pandemi Covid 19 berakhir. Hal ini disebabkan oleh beberapa masalah yang dapat muncul selama E-learning seperti; koneksi internet lambat dan mahalnya biaya pembelian kuota. Kemudian, mereka mengklaim bahwa E-learning tidak dapat meningkatkan prestasi belajar mereka, baik untuk kinerja maupun kemampuan bahasa mereka. Kesimpulannya, Mahasiswa EFL UMP sepakat bahwa E-learning layak digunakan selama masa Covid 19, namun mereka tetap menganggap bahwa hal itu tidak lebih baik dari metode konvensional dimana guru dan siswa dapat bertemu dan berkomunikasi secara langsung dalam waktu yang bersamaan. dan tempat.

Downloads

Published

2021-03-31