Persepsi Guru dan Siswa terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Google Classroom pada Mata Pelajaran Biologi SMA

Authors

  • Yohanes Bare Universitas Nusa Nipa
  • Mansur S Universitas Nusa Nipa
  • Mira Kurniawati Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i2.4060

Abstract

Google Classroom merupakan salah satu media pembelajaran jarak jauh yang dapat diakses hanya dengan menggunakan  internet. Persepsi guru dan siswa  terhadap media pembelajaran Google Classroom ini dapat memberikan dampak yang positif bagi siswa maupun guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pemanfaatan media pembelajaran Google Classroom, persepsi guru dan siswa pada pembelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Maumere. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Kualitatif merupakan penelitian yang temuan-temuannya tidak melalui statistik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran Google Classroom di SMAN 2 Maumere sangat membantu dalam pengecekan kehadiran dan keaktifan siswa, membantu siswa dalam melihat materi dan tugas yang sudah dikirimkan oleh guru dan dapat mengerjakan semua tugas yang diberikan selama pembelajaran daring. Pemahaman guru dan siswa terhadap media pembelajaran Google Classroom terdapat sedikit perbedaan, sebagian siswa dan guru memahami aplikasi Google Classroom dapat digunakan kapan saja dan dimana saja, tanpa ada kendala apapun.

Downloads

Published

2022-03-31