Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Penanganan Bahan Hasil Pertanian dan Perikanan menggunakan Model Problem Based Learning

Authors

  • Heni Widiastuti SMKN 1 Cangkringan, Daerah Istimewa Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i2.4010

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam dua siklus, di mana masing-masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksananakan dengan subyek penelitian siswa kelas X APHP 4 SMKN 1 Cangkringan yang terdiri dari 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dokumentasi dan angket. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar observasi guru, lembar angket dan soal evaluasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal yang diperoleh setelah dilakukan  tindakan yaitu sebesat 71 pada siklus I dan meningkat  menjadi 78,57 pada siklus II. Demikian juga prosentase  ketuntasan klasikal, terjadi peningkatan dari angka dari 62,85%. pada siklus I menjadi 77,14%. pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat dismpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Penanganan Bahan Hasil Pertanian dan Perikanan.

Downloads

Published

2022-03-31