Pengembangan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Indonesia Pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i2.3916Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan model pembelajaran yang menyenangkan untuk meningkatkan kosa kata bahasa Indonesia anak usia dini menggunakan media pembelajaran flashcard interaktif yang dapat digunakan pada pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Desian pada penelitian ini dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data adalah metode kuesioner. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil uji validitas yang dilakukan oleh ahli isi pembelajaran skor 92,8%, ahli desain pembelajaran skor 82%, dan ahli media pembelajaran memperoleh skor 87,3% dengan kualifikasi sangat baik, serta uji coba perorangan memperoleh skor 91,5% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media flashcard berbasis multimedia interaktif untuk pengenalan kosakata bahasa Indonesia ini layak digunakan pada anak usia dini. Implikasi dalam penelitian yaitu media flashcard berbasis multimedia interaktif ini dapat membantu guru dalam membuat pembelajaran lebih inovatif dan membantu anak mengenal kosakata bahasa Indonesia pada pembelajaran daring.Downloads
Published
2022-03-15
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).