Gambaran Kemandirian Belajar Mahasiswa Baru Jurusan Psikologi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i2.3907Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran kemandirian belajar mahasiswa baru jurusan Psikologi. Schunk dan Zimmerman (1989) menjelaskan bahwa individu yang memiliki self regulated learning secara metakognisi, motivasional dan behavioral ikut aktif dalam proses belajar individu dengan sendirinya memulai belajar secara langsung untuk memperoleh pengetahuan dan keahlian yang diinginkan tanpa bergantung pada guru, orang tua dan orang lain. Penelitian ini menggambarkan kemandirian belajar mahasiswa baru jurusan Psikologi menggunakan skala yang disusun mandiri oleh penulis dengan mengembangkani dari teori Zimmerman. Skala tersebut memiliki koefisien reliabilitas 0,917 dengan total item sebesar 39 aitem. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian survey. Total subjek penelitian sebanyak 140 mahasiswa baru. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 71,42% mahasiswa terkategori sedang, 15 % yang termasuk dalam kategori tinggi dan 13,57% yang termasuk dalam kategori rendah.Downloads
Published
2022-03-24
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Riza Noviana Khoirunnisa, Meita Santi Budiani, Yohana Wuri Satwika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).