Kendala Siswa dalam Pembelajaran Biologi pada Situasi Covid-19 di SMAN 2 Kapontori Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara

Authors

  • Zainal Badaruddin SMAN 2 Kapontori Kabupaten Buton
  • Rachmat SMPN 12 Kota Kendari

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i2.3863

Abstract

Penyebaran covid-19 memiliki dampak bagi kehidupan salah satunya adalah dunia pendidikan menyebabkan pemerintah indonesia mengeluarkan kebijakan dengan menerapkan sistem pengajaran secara daring, tetapi proses pengajaran tersebut tentunya memiliki kendala maupun hambatan terutama siswa SMAN 2 Kapontori Kabupaten Buton. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh siswa dalam pembelajaran biologi menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan memberikan kuesioner secara online kepada responden sebanyak 90 orang siswa terbagi kedalam kelas X sebanyak 30 orang, kelas XI 30 orang dan kelas XII 30 orang. Hasil analisis menunjukan sebanyak 57 atau 63,3% mengatakan cukup baik, 30,0% tidak efektif, 50,0% kualitas handphone, 47,8% lebih disiplin dan 35,6% dipermudah dalam pembelajaran biologi. Sehingga dapat disimpulkan untuk pembelajaran biologi pada situasi covid-19 di SMAN 2 Kapontori secara daring cukup baik tetapi terdapat kendala yaitu kualitas handphone yang digunakan siswa tidak baik dan siswa berharap untuk proses pembelajaran selanjutnya dilaksanakan secara luring karena pembelajaran secara daring kurang efektif.

Downloads

Published

2022-03-14