Kendala Siswa dalam Pembelajaran Biologi pada Situasi Covid-19 di SMAN 2 Kapontori Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i2.3863Abstract
Penyebaran covid-19 memiliki dampak bagi kehidupan salah satunya adalah dunia pendidikan menyebabkan pemerintah indonesia mengeluarkan kebijakan dengan menerapkan sistem pengajaran secara daring, tetapi proses pengajaran tersebut tentunya memiliki kendala maupun hambatan terutama siswa SMAN 2 Kapontori Kabupaten Buton. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh siswa dalam pembelajaran biologi menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan memberikan kuesioner secara online kepada responden sebanyak 90 orang siswa terbagi kedalam kelas X sebanyak 30 orang, kelas XI 30 orang dan kelas XII 30 orang. Hasil analisis menunjukan sebanyak 57 atau 63,3% mengatakan cukup baik, 30,0% tidak efektif, 50,0% kualitas handphone, 47,8% lebih disiplin dan 35,6% dipermudah dalam pembelajaran biologi. Sehingga dapat disimpulkan untuk pembelajaran biologi pada situasi covid-19 di SMAN 2 Kapontori secara daring cukup baik tetapi terdapat kendala yaitu kualitas handphone yang digunakan siswa tidak baik dan siswa berharap untuk proses pembelajaran selanjutnya dilaksanakan secara luring karena pembelajaran secara daring kurang efektif.Downloads
Published
2022-03-14
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Zainal Badaruddin, Rachmat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).