Motivasi Berprestasi Siswa Sekolah Menengah Olahraga pada saat Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i2.3821Abstract
Penelitian dilatar belakangi pentingnya motivasi berprestasi pada siswa laki-laki dan perempuan dalam mencapai prestasi akademik maupun non akademik di sekolah pada saat pandemi covid-19. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan motivasi berprestasi antara laki-laki dan perempuan. Metode penelitian yang digunakan dalam yaitu penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan teknik sample jenuh. Jumlah sampel yaitu 57 atlet laki-laki dan 58 atlet perempuan. Atlet pelajar pada sampel penelitian ini yaitu menggunakan cabang olahraga atletik, gulatm panjat tebing, sepak takraw, judo, pencak silat, anggar, tenis meja, karakte, dan voli pantai. Rentang usia subjek penelitian ini yaitu 15-19 tahun. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen motivasi berprestasi yang disusun berdasarkan teori Smith et al. (2020). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai t sebesar 2,492>1,982. Maknanya terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi berprestasi atlet laki-laki dengan motivasi berpretasi atlet perempuan.Downloads
Published
2022-03-14
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Miftakhul Jannah, Frysta Dwi Permadani, Tisa Alif Karina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).