Motivational Teaching Practices (MTP) dalam Pengajaran Anak Usia Dini Pasca Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i1.3712Abstract
Studi kepustakaan ini menganalisa bagaimana sebaiknya guru dalam memotivasi anak dalam pembelajaran. Mengingat memotivasi dan peran guru adalah komponen penting dalam pembelajaran dan interaksi anak di sekolah. Data dikumpulkan dengan mengumpulkan berbagai sumber data yang mendukung permasalahan yang kemudian dianalisa dengan content analysis. Penelitian ini menggambarkan bahwa pandemi merubah pola dan kebiasaan anak usia dini belajar. Saat sekolah tatap muka dimulai, banyak anak-anak yang tidak siap untuk mengikuti pembelajaran langsung. Hal ini membutuhkan kemampuan guru dalam memotivasi anak, salah satunya dengan Motivational Teaching Practices yang terdiri dari komponen menciptakan komponen motivasi dasar, membangkitkan motivasi siswa, mendorong positif evaluasi diri retrospektif dan memelihara dan melindungi motivasi. Setiap komponen membutuhkan tindakan guru untuk memotivasi siswa. Namun, karakter, lingkungan, dan siswa yang berbeda-beda, kompetensi guru juga berpengaruh terhadap motivasi siswa.Downloads
Published
2021-09-30
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).