The Effect of Using Cooperative Learning Method through Talking Stick and Self-Confidence toward Speaking Ability
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i1.3634Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk memecahkan masalah yang dihadapi penulis sebagai guru Bahasa Inggris di SMK Negeri 6 Palembang. Hasil dari data awal menunjukkan bahwa pencapaian kemampuan berbicara siswa kelas sepuluh tidak dapat memenuhi kriteria standar keberhasilan. Tujuan dari metode pembelajaran kooperatif melalui tongkat bicara adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif melalui tongkat bicara dan yang tidak. Penelitian ini menyelidiki bagaimana pengaruh metode pembelajaran kooperatif dan tongkat bicara terhadap siswa kelas sepuluh yang dipilih sebagai sampel dan dibagi rata menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Kemampuan siswa dalam posttest pada kedua kelompok dibandingkan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara kelompok dalam kaitannya dengan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengungguli kelompok kontrol dan metode pembelajaran kooperatif melalui tongkat bicara memberikan efek positif pada siswa untuk meningkatkan berbicara mereka. Namun, ada pengaruh interaksi yang signifikan dari media dan kepercayaan diri terhadap kemampuan berbicara siswa.Downloads
Published
2021-09-30
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).