PENGARUH KETERLIBATAN ORANGTUA DAN REGULASI DIRI TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK TK DI MASA PANDEMI COVID-19 SE-KECAMATAN SAGULUNG

Authors

  • Alif Laini Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Sina Batam

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i1.3597

Abstract

Pengembangan perilaku prososial merupakan salah satu jenis kompetensi sosial yang penting untuk diajarkan sejak usia dini, dimana perilaku prososial mengacu pada tindakan sukarela untuk membantu atau menguntungkan individu atau kelompok individu lain. Perilaku prososial didefinisikan sebagai konsekuensi pada orang lain di mana aktor prososial melakukannya secara sukarela tanpa ada paksaan dari orang lain. Pada anak usia dini diharapkan keenam aspek perkembangan tersebut dapat berkembang secara optimal. Namun, karena adanya pandemi Covid-19 saat ini, menjadi masalah bagi pembentukan perilaku sosial pada anak usia dini, terutama dalam perkembangan sosialnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh keterlibatan dan pengaturan diri orang tua terhadap perilaku prososial anak TK selama masa pandemi Covid-19, 2) pengaruh keterlibatan orang tua terhadap perilaku prososial anak TK selama masa pandemi Covid-19 19 29 pandemi, 3) pengaruh regulasi itu sendiri terhadap perilaku prososial anak TK selama masa pandemi Covid-19. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis studi expo facto dengan pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi.

Downloads

Published

2021-09-30