Penerapan Numerasi dengan Media Loose Part pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Bina Insan Kecamatan Tanara Kabupaten Serang

Authors

  • Husdah Husdah Universitas Bina Bangsa
  • Ratu Yustika Rini Universitas Bina Bangsa
  • Vidya Ayuningtyas Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v6i1.35281

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan numerasi dengan media loose part pada anak usia dini 5-6 tahun di PAUD Bina Insan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisis data kualitatif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan numerasi dengan media loose part pada anak usia dini 5-6 tahun di PAUD Bina Insan, mengikuti kegiatan, meniru kegiatan yang dicontohkan oleh guru, Penggunaan media loose part dalam kegiatan pembelajaran memberikan dampak yang positif, karena anak-anak tertarik dengan media pembelajaran yang dapat digunakan dan di maikan berkali-kali, bahkan anak mampu menyusun pertanyaannya sendiri dan menjawabnya sendiri. Karena karateristik loose part ini memberikan keleluasaan anak dalam melakukan kegiatan numerasi. Dapat disimpulan bahwa kemampuan numerasi anak yang muncul setelah melakukan penerapan numerik dengan media loose part, yaitu sebanyak 15 orang anak yang kemapuan numeriknya sudah muncul dan 2 orang anak yang masih butuh bimbingan guru.

Downloads

Published

2024-09-28