Peningkatan Hasil Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Wordwall Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 8 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v6i1.34051Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Palembang dengan memanfaatkan media pembelajaran Wordwall. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan melibatkan penilaian terhadap aspek-aspek keterampilan menulis yang meliputi hasil pengamatan, kesesuaian data dan fakta, struktur teks, jenis paragraf, dan ketepatan tanda baca. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan menulis siswa setelah penggunaan media Wordwall. Secara spesifik, terdapat peningkatan rata-rata nilai keterampilan menulis siswa dari 49,1 pada siklus pertama menjadi 86,5 pada siklus kedua. Selain itu, hasil observasi menunjukkan bahwa 90% siswa mengalami kemajuan dalam hasil kemampuan menyesuaikan struktur teks, sementara 85,5% siswa menunjukkan peningkatan dalam penulisan jenis paragraf yang tepat. Temuan ini mengindikasikan bahwa media Wordwall efektif dalam meningkatkan kualitas teks laporan hasil observasi siswa, serta memberikan kontribusi positif terhadap proses pembelajaran bahasa Indonesia di tingkat SMP.Downloads
Published
2024-09-25
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 ST. Fianda Kirana, Juaidah Agustina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).