METODE SUGGESTOPEDIA: ALTERNATIF METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Budi Santoso Wibowo Universitas Muhammadiyah Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i2.3302

Abstract

Metode Suggestopedia merupakan salah satu metode pembelajaran bahasa Arab inovatif yang menerapkan sugesti dalam pembelajaran, dikembangkan oleh seorang ahli psikiatri dan pendidikan dari Bulgaria yang Bernama George Lazanov. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana metode Suggestopedia bisa dipergunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di perguruan tinggi. Penelitian ini dilakukan dengan studi pustaka dengan mengumpulkan sejumlah dokumen empiris. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa metode Suggestopedia menekankan pada prinsip pembelajaran berbasis otak, memperhatikan keseimbangan kedua belahan otak serta menekankan pada fungsi sadar dan bawah sadar. Penggunaan metode Suggestopedia bertujuan untuk memberi rasa nyaman terhadap peserta didik berupa pemberian sugesti positif dengan bantuan iringan musik atau alunan lagu selama proses pembelajaran. Dengan metode ini, peserta didik akan belajar bahasa Arab dengan perasaan yang nyaman tanpa adanya suatu beban. Sehingga pembelajaran bahasa Arab dapat diterima oleh peserta didik dengan baik.

Downloads

Published

2021-12-31