METODE SUGGESTOPEDIA: ALTERNATIF METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PERGURUAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i2.3302Abstract
Metode Suggestopedia merupakan salah satu metode pembelajaran bahasa Arab inovatif yang menerapkan sugesti dalam pembelajaran, dikembangkan oleh seorang ahli psikiatri dan pendidikan dari Bulgaria yang Bernama George Lazanov. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana metode Suggestopedia bisa dipergunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di perguruan tinggi. Penelitian ini dilakukan dengan studi pustaka dengan mengumpulkan sejumlah dokumen empiris. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa metode Suggestopedia menekankan pada prinsip pembelajaran berbasis otak, memperhatikan keseimbangan kedua belahan otak serta menekankan pada fungsi sadar dan bawah sadar. Penggunaan metode Suggestopedia bertujuan untuk memberi rasa nyaman terhadap peserta didik berupa pemberian sugesti positif dengan bantuan iringan musik atau alunan lagu selama proses pembelajaran. Dengan metode ini, peserta didik akan belajar bahasa Arab dengan perasaan yang nyaman tanpa adanya suatu beban. Sehingga pembelajaran bahasa Arab dapat diterima oleh peserta didik dengan baik.Downloads
Published
2021-12-31
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Budi Santoso Wibowo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).