PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS DARING MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI SMP NEGERI 2 KECAMATAN KAPUR IX
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i2.3259Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video animasi pembelajaran Biologi berbasis daring materi sistem pencernaan manusia yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Model yang digunakan adalah model R&D, yang prosedurnya terdiri atas: :(1) Pengumpulan informasi, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan format produk, (3) Uji coba, (5) Revisi produk. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang mengikuti proses pembelajaran Biologi di SMP Negeri 2 Kapur IX tahun pelajaran 2021/2022 yaitu berjumlah sebanyak 23 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi dan lembar praktikalitas. Diperoleh data validasi video animasi tingkat persentase 89% dengan predikat “Sangat validâ€. Media pembelajaran video animasi dinyatakan praktis setelah dilakukan pengolahan data hasil penelitian yang diperoleh dari angket uji praktikalitas sehingga diperoleh hasil persentase senilai 81% oleh guru dan persentase senilai 87 % oleh siswa dengan kategori “Sangat Praktisâ€.Downloads
Published
2021-12-31
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).