IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA

Authors

  • Ahmad Syukur Daming Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Saman Universitas Muhammadiyah Palopo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i2.3246

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika dan keaktifan siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing sebanyak 4 kali pertemuan dengan tahapan-tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, obsevasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 364 Labokke sebanyak 30 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar pada setiap akhir siklus dan observasi setiap siklus. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika mengalami peningkatan. Selain itu keaktifan siswa dalam proses pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II baik itu siswa yang aktif bertanya, aktif mengumpulkan informasi, siswa yang mampu mengidentifikasi masalah, aktif bekerja sama dan mencoba menyelesaikan soal cerita.

Downloads

Published

2021-12-31