IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i2.3246Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika dan keaktifan siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing sebanyak 4 kali pertemuan dengan tahapan-tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, obsevasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 364 Labokke sebanyak 30 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar pada setiap akhir siklus dan observasi setiap siklus. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika mengalami peningkatan. Selain itu keaktifan siswa dalam proses pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II baik itu siswa yang aktif bertanya, aktif mengumpulkan informasi, siswa yang mampu mengidentifikasi masalah, aktif bekerja sama dan mencoba menyelesaikan soal cerita.Downloads
Published
2021-12-31
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).