PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH UNTUK MENGATASI DEKADENSI MORAL SEBAGAI REALISASI PANCASILA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i2.3196Abstract
Penelitian ini berawal dari merosotnya nilai moral anak di sekolah. Hal tersebut dapat dilihat dari perilaku anak yang menyimpang dari norma serta aturan berlaku sehingga perlu adanya perbaikan yang ditunjang dari sisi pendidikan siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengemukakan teori-teori yang berkaitan dengan pengaruh pendidikan karakter untuk mengatasi dekadensi moral. Penelitian ini meggunakan penelitian studi pustaka dengan fokus menggunakan teknik membandingkan (compare) dari teori-teori yang ada sebelumnya untuk mencari ketidaksamaan (contrast) dari teori-teori tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder dan data primer. Data tersebut dianalisis kemudian diringkas sehingga membentuk atau menghasilkan pendapat baru mengenai pengaruh pendidikan karakter siswa sekolah untuk mengatasi dekadensi moral sebagai realisasi pancasila. Berdasarkan studi pustaka menunjukkan bahwa hasil penelitian dalam mengatasi dekadensi moral memerlukan adanya perwujudan pendidikan karakter di sekolah. Upaya tersebut dapat mempengaruhi kedisiplinan siswa, perilaku siswa, konsep diri siswa, meningkatnya prestasi belajar siswa, serta dapat mewujudkan cinta tanah air.Downloads
Published
2021-12-31
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Alvin Vikiantika, Diantika Widyahabsari, Tifany Berliana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).